Aplikasi Keren yang Harus di Instal di Linux Ubuntu

Setelah sebelumnya kita pernah belajar tentang cara instal program aplikasi di Linux Ubuntu, kali ini kita akan menginstal aplikasi-aplikasi ubuntu yang gak kalah keren sama tetangga sebelah. Sebagai informasi awal saja, kita akan mencoba mengenal aplikasi keren yang (sebaiknya) harus diinstal di komputer Ubuntu kita. Selanjutnya temen-temen silakan bereksplorasi sendiri mencari pengalaman, kan orang bilang pengalaman adalah guru yang baik.

Langsung saja, berikut ini aplikasi yang coba kita jelajahi kedahsyatannya :

1. GRAPHIC EDITOR
Aplikasi image editor selalu menjadi aplikasi wajib yang harus ada di komputer terutama untuk kita yang sangat hobi edit-edit foto ataupun suka melukis secara digital.

a. GIMP (GNU Image Manipulating Program)

Gimp adalah aplikasi image editor yang mirip dengan aplikasi Photoshop milik tetangga sebelah. Meski hadir dengan ukuran file yang jauh lebih kecil namun kemampuannya tidak dapat diremehkan. Selain itu, Gimp adalah aplikasi yang multiplatform, tidak hanya berjalan di lingkungan Linux tapi juga dapat berjalan di OS tetangga. Jika temen-temen penasaran dengan GIMP dan ingin mempelajarinya, silakan download panduannya di artikel tutorial gimp untuk pemula.



b. Inkscape
Jika kita sudah familiar dengan CorelDraw, maka di Linux pun kita juga bisa menggunakan Inkscape, sebuah aplikasi yang mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan sepupunya di OS sebelah. Kemampuan Inkscape dalam hal olah gambar vektor sudah tidak bisa kita ragukan lagi. Kita dapat berkreasi dengan imajinasi tanpa terhalang platform yang kita pakai.





c. Dia
Aplikasi ini dapat dijadikan alternatif pengganti Office Visio, sebagai aplikasi yang dapat kita gunakan untuk menggambar berbagai macam diagram di lingkungan Linux baik use case, UML, dan lain sebagai. Dia juga aplikasi yang dapat dijalankan di berbagai platform sistem operasi.


 



2. MULTIMEDIA
a. VLC Player
Siapa yang tak kenal dengan aplikasi VLC player, aplikasi yang gratis ini tidak kalah bila dibandingkan dengan aplikasi pemutar video dan musik lainnya. Tak hanya berjalan di lingkungan platform tetangga sebelah tapi juga di lingkungan sistem operasi Linux. Kemampuan memutar berbagai macam format video sudah tidak bisa kita ragukan lagi.





b. Audacious
Jika kita sudah terbiasa dengan Winamp dan saat kita berada di lingkungan Linux masih bingung dengan Rhythmbox yang cenderung membingungkan bagi pemula maka Audacious adalah jawaban kebingungan kita. Audacious memiliki tampilan dan performa yang mirip dengan Winamp. Jadi kita tak perlu bingung lagi saat memutar musik kesayangan kita.




c. Audacity
Audacity adalah aplikasi sound editor gratis yang sangat powerfull dan dapat diandalkan dalam hal editing suara baik musik atau yang lainnya. Audacity juga dapat digunakan untuk merekam suara di komputer kita. Selain itu kita juga dapat berkreasi membuat berbagai macam karya seperti iklan radio, ringtone hp, dan lain sebagainya. Audacity dipersenjatai dengan berbagai efek memukau yang akan membantu kita dalam hal editing suara. Selain itu, aplikasi ini juga berjalan di berbagai macam platform sistem operasi.

3.APLIKASI OFFICE
a. WPS Office
WPS Office adalah aplikasi office yang secara tampilan mirip dengan Microsoft Office. Software ini tidak hanya berjalan di linux tapi juga di Windows dan Mac OS. Meskipun di linux sudah ada Libre Office tapi kalian perlu mencoba WPS Office karena tampilannya tidak membosankan dan membuat dokumen di Linux jadi lebih menyenangkan. Kita bisa mendapatkan master installer WPS Office di website resminya di www.kingsoftstore.com/

Mungkin cukup sekian dulu artikel kali ini, penulis sudah capek ngetik, bersambung ke bagian berikutnya. Bagi yang masih bingung tentang cara instal aplikasi di linux silakan buka catatan tentang Cara Instal Program Aplikasi di Linux Ubuntu

Seperti biasa, saran dan kritik temen-temen selalu saya tunggu. Salam Blogger Madura ^_^

BAGIKAN KE:

2 comments:

  1. Saya juga barusan install Ubuntu 14.04 gan, ternyata masalahnya kalo di leppy sama aja dari dulu. brightness nya gak bisa disimpan. Jadi setelah restart, kecerahannya balik ke keadaan paling cerah. -_-
    Tapi, saya barusan nemu solusinya gan, mungkin bisa jadi tambahan
    http://www.komputoo.com/2014/11/cara-mengatur-screen-brightness-di.html

    ReplyDelete
  2. Keren gan aplikasinya.

    mampir juga ya di infostore.co.id, situs yang menyediakan fasilitas iklan produk gratis.

    ReplyDelete